Profile

Join date: Nov 7, 2022

About

7 Tempat Rekreasi Religius untuk Umat Muslim Terbaik di Pulau Jawa


Indonesia banyak memiliki tipe rekreasi yang dapat didatangi. Selainnya rekreasi alam, rekreasi pengajaran dan budaya, dan rekreasi riwayat, Anda bisa juga coba rekreasi religius sebagai pilihan, Rekreasi religius menjadi pilihan penting untuk isi jadwal berlibur Anda dengan keluarga.


Indonesia mempunyai tapak jejak riwayat Islam yang Panjang sampai sekarang jadi negara yang ditempati oleh sebagian besar kaum muslim. Di Pulau Jawa terutamanya, Anda dapat menyaksikan banyak jejak-jejak monumental warisan Islam yang sekarang jadi tempat wisata religius yang memikat dan hebat untuk dijelajahi.


Bila Anda ingin berekreasi sekalian mencari jejak-jejak kemasyhuran Islam periode lalu di Pulau Jawa, benar-benar pas untuk pilih rekreasi religius. Berikut beberapa referensi Objek Wisata Jogja religius terbaik di Pulau Jawa yang menjadi opsi Anda.


1. Pusara Sunan Kalijaga

Ziarah Pusara Sunan Kalijaga yang berada di Dusun Kadilangu Kabupaten Demak ini dapat Anda untuk jadikan pilihan tempat rekreasi religius untuk didatangi.


Sunan Kalijaga sebagai ulama penebar Islam di Kerajaan Demak yang mengusai memakai seni adat wayang kulit sebagai media penebarannya.


Selainnya ziarah ke Pusara Waliyullah, Anda bisa berkunjung Mushola Agung Demak yang ada pada sebuah Teritori.


2. Pusara Sunan Muria

Berubah sedikit ke Kudus, Anda akan mendapati sebuah tempat rekreasi religius yang mempunyai daya tarik tertentu yaitu Pusara Sunan Muria.


Pusara yang berada di Dusun Colo, Kecamatan Gawe ini ada di pucuk Gunung Muria, hingga Anda harus mendaki lebih dulu untuk berziarah ke pusara anggota Wali Songo ini.


Meskipun harus melalui 430 anak tangga, Anda dapat nikmati perjalanan sambil mengisap angin segar dan menyaksikan panorama hijau di sekitar.


Sebagai allternatif jika kecapekan, Anda bisa memakai jasa ojek yang telah ada setiap pos di sejauh perjalanan.


3. Mushola Menara Kudus

Masih di Kabupaten Kudus, Jawa tengah, ada sebuah mushola yang serupa dengan Candi agama Hindu yakni Mushola Menara Kudus.


Mushola Menara Kudus dibuat oleh Sunan Kudus di tahun 1549 Masehi dengan ide seperti candi sebagai cara ceramah beliau supaya lebih gampang diterima warga sekitaran yang saat itu beragama Hindu.


Selainnya dari arsitekturnya, Mushola Menara Kudus adopsi ornament-ornamen candi dan komponen-komponen ciri khas bangunan Jawa-Hindu didalamnya.


4. Pusara Sunan Ampel

Selanjutnya Anda dapat berziarah ke Pusara Sunan Ampel yang berada di Kota Surabaya yang mempunyai nilai akulturasi budaya yang bagus sekali.


Tempat rekreasi religius ini telah dikenali bahkan juga oleh masyarakat luar Kota Surabaya, hingga kunjungannya selalu melonjak tiap hari.


Selainnya berziarah ke Pusara Sunan Ampel, Anda bisa juga sambil belanja semua peralatan Islami yang ada komplet disekitaran mushola.


5. Pusara Gus Dur

Tujuan rekreasi religius yang seterusnya yakni Pusara Presiden RI keempat yang dikenali dengan panggilan Gus Dur.


Pusara yang berada di Pondok pesantren Tebu Ireng, Jombang ini tidak pernah sepi dari beberapa peziarah.


Bahkan juga ada sesion khusus untuk Anda ingin bertandang ke Pusara ini yakni pagi sampai sore dan sore sampai malam.


Di kompleks Pusara Gus Dur ada sekitaran 45 figur terpandang yang disemayamkan. Dimulai dari pendiri Pesantren Tebu Ireng sampai pahlawan nasional seperti KH Hasyim Asy'ari dan KH Abdul Top Hasyim.


6. Mushola Kubah Emas

Tempat rekreasi religius selanjutnya ini berada di wilayah vital Jawa Barat, yakni di Kota Depok, Seperti Tempat Wisata di Kulon Progo.


Sama sesuai namanya, mushola yang kental dengan ide Timur tengah ini di bagian kubahnya dilapis emas seberat 22 karat.


Mushola dengan luas 8.000 mtr. persegi ini dibuat di atas tempat selebar 70 hektar dan jadikan mushola ini sebagai mushola yang mempunyai tempat terluas se-Jabodetabek.


7. Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon dikenali sebagai salah satunya daerah di Pulau Jawa dengan riwayat kebudayaan Islam paling panjang. Salah satunya faktanya yakni Keraton Kasepuhan Cirebon.


Keraton ini mempunyai banyak kekhasan yang berkaitan dengan riwayat Cirebon, Majapahit, dan riwayat perubahan Islam.


Beberapa warisan riwayat Islam ada pada keraton ini misalkan kereta kencana, singgasana sultan, alat musik gamelan, dan lukisan Prabu Siliwangi.


Nach, tersebut beberapa referensi tempat rekreasi religius terbaik yang berada di Pulau Jawa. Mudah-mudahan Anda berpeluang berkunjung semua tujuan itu.

K
KelvinStewart

KelvinStewart

More actions